"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

5 tips ampuh untuk menjaga suhu laptop/notebook

     
Suhu pada Laptop/Notebook dapat terpengaruh biasanya karena beberapa faktor yaitu suhu ruangan, kinerja berlebih, penempatan udara laptop yang terlalu rapat dan lain - lainnya. Suhu pada Laptop/Notebook sebenarnya dapat mempengaruhi kinerja perangkat anda, seperti misalnya suhu Laptop/Notebook anda melebihi 80 derajat celcius maka kinerja hardware anda akan menurunkannya (disengaja) agar tidak mempercepat kerusakan.

Walau kinerja disengaja diturunkan agar tidak mempercepat kerusakan jika suhu sudah berlebih. Bukan berarti hardware anda akan bertahan lama. Sebaiknya anda juga perlu memperhatikan faktor yang menyebabkan suhu Laptop/Notebook meningkat seperti pada faktor yang sudah saya sebut tadi.

Apa penyebabnya jika suhu Laptop/Notebook sudah overheat? kerusakan hardware itu sendiri dan yang pasti, untuk memperbaiki kerusakan pada hardware Laptop/Notebook membutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan bisa menyamai harga sebuah Notebook. Bagaimana menjaga suhu Laptop/Notebook? nah, untuk itulah Mr.kodok akan memberikan tips untuk anda!



1. Jauhkan dari Suhu Ruangan yang panas
 
   Suhu ruangan yang panas tentu dapat meningkatkan suhu Laptop/Notebook, anda pasti sudah tau       dengan penyebabnya. Pilihlah ruangan yang tidak terlalu panas/lebih sejuk dan sebaiknya juga           pilih  pada ruangan yang ber-AC dan jauhkan juga dari sinar matahari langsung.

2. Pilih Ruangan yang Bersih

    Apakah ruangan yang kotor dapat mempengaruhi suhu Laptop/Notebook? iya, peyebabnya sendiri      karena jika menggunakan Laptop/Notebook di ruangan yang kotor dapat membuat kotoran                  tersebut    masuk kedalam ventilasi, keyboard dan sela - sela Laptop/Notebook dan akibatnya?            suhu meningkat karena debu yang terlalu banyak menutupi. Jika ruangan anda kotor maka                  bersihkan lah terlebih dahulu.

3. Perhatikan Karet Penganjal Laptop/Notebook

    Apa fungsi Karet penganjal Laptop/Notebook? sekarang, coba perhatikanlah pada bagian bawah        Laptop/Notebook anda. Penganjal tersebut berguna untuk menjaga kerapatan dari lubang udara            Laptop/Notebook. Apa penyebabnya jika karet penganjal Laptop/Notebook hilang pada semua            posisi? penyebabnya, lubang udara tersebut tertahan oleh Meja atau lantai (tempat yang anda              gunakan) akibatnya sulitnya udara segar masuk. Tips saya, jangan menarik Laptop/Notebook pada      posisi berada di bawah lantai atau meja (tempat yang anda gunakan) karena karet penganjal                tersebut dapat lepas.

4. Atur power setting dari “high performance” ke “balanced” atau “power saver"

    Sebuah Laptop biasanya sudah diberi program khusus untuk mengatur pemakaian power, nah              sebaiknya Anda atur power setting dari “high performance” ke “balanced” atau “power saver”,            sehingga kinerja laptop Anda tidak terlalu tinggi, dan itu artinya panas yang dikeluarkanpun akan        lebih sedikit.    .

5. Bersihkan kipas heatsink notebook dari debu (hanya bagi ahli yang dapat membongkar laptop)

   biasanya kalau laptop sering dan dipakai secara lama , maka debu akan menumpuk di kipas &             heatsink. debu debu yang menumpuk itu akan menghalangi hembusan udara panas keluar.

itu lah 5 tips dari mimin semoga bermanfaat



Labels: artikel, blog, komputer

Thanks for reading 5 tips ampuh untuk menjaga suhu laptop/notebook. Please share...!

0 Comment for "5 tips ampuh untuk menjaga suhu laptop/notebook"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top