"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

Apa Itu Desktop Environment (DE) ?

DE atau desktop environment, kalimat tersebut mungkin tidak asing lagi bagi para linukers. Tapi untuk para newbie yang baru mengenal linux DE mungkin adalah hal yang belum mereka ketahui.

Dari Wikipeida Desktop Environment, adalah sebuah antarmuka grafis (Graphical User Interface) pada desktop sistem operasi anda. Desktop Environment ini bisa dibilang sebagai pengganti antarmuka baris perintah (Command Line Interface).

Intinya kalo linux kita tidak ada DE maka pengoperasian laptop kita sepenuhnya menggunakan perintah pada terminal ini disebut Sistem Operasi berbasi CLI. Nah kalau yang DE tersebut jenisnya adalah Graphical User Interface (GUI).

Berikut adalah contoh jenis-jenis Desktop Environment pada Linux

1. GNOME


GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

2. KDE

Manjaro linux
KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris.

Gimana gan, udah taukan apa itu Desktop Environment.

Labels: komputer

Thanks for reading Apa Itu Desktop Environment (DE) ?. Please share...!

0 Comment for "Apa Itu Desktop Environment (DE) ?"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top