"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

Pengertian Punched Tape Dan Cara Kerjanya

Punch Tape Seorang tokoh bernama Alexander Bain merupakan orang yang pertama kali mengetahui penggunaan paper tape yang biasanya digunakan untuk mesin faksimili dan mesin telegram (tahun 1846). Setiap baris tape menampilkan satu karakter, namun karena Anda dapat membuat fanfold dengan mudah maka dapat menyimpan beberapa data secara signifikan menggunakan punch tape dibandingkan dengan punch card.



Media ini merupakan pengembangan dari Puch Card yang sama-sama menggunakan metode porforasi hanya saja jenis ini menggunakan bahan paper tape sehingga memiliki ukuran fisik yang lebih ringkas dari punch card.

Cara kerja Punch Tape


  • Punched paper tape juga sangat populer pada komputer generasi awal. Data yang ada akan direkam kedalam tape melalui lubang yang mengelilinginya. Punched paper tape juga terbagi menjadi baris dan kolom. Setiap karakter yang ada akan disajikan dalam bentuk lubang-lubang yang merupakan kombinasi antara kolom dan baris  
  • Untuk memasukkan data kedalam CPU, maka data-data yang sudah terekam dalam bentuk kode didalam punched tape, juga harus dibaca terlebih dahulu oleh punched reader.
Labels: artikel, komputer

Thanks for reading Pengertian Punched Tape Dan Cara Kerjanya. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Punched Tape Dan Cara Kerjanya"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top