"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

seberapa besar data internet, dan dimana itu disimpan

Menjelajahi internet sudah menjadi kebutuhan sehari hari bagi kita. Namun besarnya data yang ada di internet tersbut membuat kita bertanya-tanya seberapa besar data yang ada di internet dan dan dimana data itu disimpan. Kali ini kodokop akan mengulas pertanyaan pertanyaan diatas, Show we



Dipublikasikan dalam jurnal Science, Dalam dua puluh tahun penelitian terhitung dari tahun 1986 hingga tahun 2007. Diperkirakan ada sekitar 295 exabytes data yang disimpan diseluruh dunia atau sekitar 295 miliar gigabyte. Sangat besar bukan .

Dr. Martin Hillbert, University of Southern California dalam BBC Science in Action, pernah mengatakan 

"Andaikan kita menaruh data-data tersebut dalam bentuk sebuah buku dan ditata, maka itu mampu untuk menutupi seluruh wilayah Amerika Serikat, atau China dalam tiga belas tumpuk buku. "

Dimana Data data disimpan ? Jawabanyan adalah Data center. Data data yang kita butuhkan di internet semuanya disimpan dalam data center yang ada di seluruh dunia.

Baca Juga : Mengenal Overclocking - Meningkatkan spesifikasi PC

Dari wikipedia Data center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah.

Berdasarkan fungsinya, data center dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu:

  • Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki model bisnis berdasarkan pada Internet commerce.


  • Corporate/Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya.



Labels: artikel, blog, komputer

Thanks for reading seberapa besar data internet, dan dimana itu disimpan. Please share...!

0 Comment for "seberapa besar data internet, dan dimana itu disimpan"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top