"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

Tipe-Tipe Ram

Ada berbagai jenis RAM yang tersedia yang dapat ditemukan pada modul memori dengan ukuran yang sama. Ada tipe lama SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory), DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM), DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM, dan DDR4 SDRAM yang sekarang tersedia.

modul memori SDRAM memiliki dua titik yang masuk ke dalam sementara DDR, DDR2, dan DDR3 hanya memiliki satu yang terletak di tempat yang berbeda pada setiap modul memori. Ini karena semua jenis RAM ini tidak kompatibel satu sama lain dan itu tidak memungkinkan untuk menempatkan modul memori jenis yang salah ke dalam slot memori motherboard karena takik ini.

Laptop RAM memiliki jenis RAM yang sama tetapi dimasukkan ke dalam modul memori yang berukuran lebih kecil yang disebut SO-DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module). Mereka juga memiliki takik di modul memori sehingga tidak mungkin untuk mencampurnya.

SDRAM disebut demikian karena RAM adalah 'dinamis' yang artinya harus selalu disegarkan saat sedang digunakan dan ketika daya dimatikan maka semua data hilang. Ini adalah 'Sinkron' karena disinkronkan dengan bus sistem dan menunggu sinyal jam sebelum mengirim atau menerima data. DDR (Double Data Rate) SDRAM lebih cepat dari SDRAM biasa karena mentransfer data dua kali selama setiap siklus clock. DDR2 berjalan dua kali lebih cepat daripada DDR, dan DDR3 berjalan dua kali lebih cepat daripada DDR2.

Seperti DDR, DDR2 mentransfer data dua kali per siklus clock, tetapi DDR2 menjalankan clock internal dengan setengah kecepatan bus data yang memberikan total empat transfer data per siklus clock internal yang membuatnya dua kali lebih cepat daripada DDR. DDR3 memiliki total delapan transfer data per siklus clock internal yang membuatnya dua kali lebih cepat daripada DDR2.

Modul memori tersedia dengan kapasitas berbeda yang diukur dalam megabyte (MB) atau lebih baru dalam gigabyte (GB). Mereka juga tersedia dalam kecepatan yang berbeda, jadi misalnya modul memori DDR tersedia dalam DDR-200, DDR-266, DDR-333, dan DDR-400. DDR-200 (juga disebut PC1600) berjalan pada 200 MT / s (juta transfer per detik), atau 1600 MB / s (megabyte per detik). Kecepatan memori yang Anda perlukan tergantung pada kecepatan front-side-bus (FSB) dan DDR-200 dirancang untuk digunakan dalam komputer dengan FSB 100MHz.


Labels: komputer

Thanks for reading Tipe-Tipe Ram. Please share...!

0 Comment for "Tipe-Tipe Ram"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top