"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

Mengenal Overclocking - Meningkatkan spesifikasi PC

Pada dasarnya Overcloking adalah sebuah metode untuk mamacu komponen komputer anda agar lebih cepat bekerja. sebagai contoh mungkin anda sering kali kesal saat sedang main game tapi grafiknya putus putus, atau kinerja laptop anda sangat lambat ketika menjalankan suatu program.

overclock sudah dimulai kira kira pada tahun 1985. Computer pertama yang dijual yaitu jenis PC XT dengan processor tipe Intel (8088) dan dibuat lebih cepat bekerja dengan procesor dari NEC V20.



Overclocking sesuai namanya adalah memaksa clock sebuah peripheral,  Dalam perkembangannya overclocking tidak selalu harus berhubungan dengan kenaikan clock, tetapi juga ketika kita memaksa sebuah peripheral bekerja lebih cepat dari standarnya. (clock : satuan frekuensi yang terjadi dalam 1 waktu, untuk di ketahui saja : Mhz prosesor di hitung dari FSB di kalikan faktor pengali, atau yang biasa di sebut multiplier. Contoh : Intel Pentium 2,66 Ghz = 20 x 133, di mana 20 adalah faktor pengali, sedangkan 133 adalah FSB dari prosesor tersebut).

CARA KERJA OVERCLOCKING

Overclocking dapat dilakukan karena informasi cpu clock tidak ada pada cpu tapi merupakan hasil pengolahan di motherboard. Tidak ada informasi pada processor yang menyatakan bahwa processor tersebut pentuim 100 atau pentium 133.


TUJUAN OVERCLOCKING

Tujuan overclocking sendiri sebenarnya untuk memacu sebuah processor VGA dan CPU agar lebih cepat bekerja.

Tujuan lainnya yang pernah popular pada tahun 2000an dan mukin sampai sekarang adalah untuk aplikasi game. Dengan melakukan overclock , sebuah computer akan lebih cepat dan lebih nyaman dinikmati. Dengan overclock semua perangkat akan meningkat. Ini adalah tujuan yang paling umum digunakan. Karena tersedianya perangkat tambahan hampir semuanya tersedia, serta didukung oleh perusahaan mainboard untuk memasukan sistem overclock pada BIOS.

Baca Juga : Macam-macam Bunyi Beep, Arti, dan Cara Mengatasi Masalahnya dengan cara mudah


DAMPAK BURUK OVERCLOCKING

Sebelum Mengenal lebih jauh ada baiknya kita ketahui dahulu dampak buruknya yaitu Overclocking ini akan berdampak buruk pada sebuah sistem windows ada menjadi tidak stabil, dan kadang membuat processor menjadi panas, dan yang lebih buruk lagi cepat atau lambat beberapa komponen komputer sobat akan rusak terutama seperti motherboard, RAM, Prosessor, dan VGA.

saran admin untuk agan yang ingin overcloking adabaiknya agan berpikir panjang dulu jika harus overclock atau overclocking, memang awalnya komputer akan sangat cepat kinerjanya, namun cepat atau lambat komputer sobat bisa rusak, karena terlalu memaksakan kinerja daripada spesifikasi semestinya.

Labels: artikel, komputer

Thanks for reading Mengenal Overclocking - Meningkatkan spesifikasi PC. Please share...!

0 Comment for "Mengenal Overclocking - Meningkatkan spesifikasi PC"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top