"Bantinglah otak untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya guna mencari rahasia besar yang terkandung di dalam benda besar yang bernama dunia ini, tetapi pasanglah pelita dalam hati sanubari, yaitu pelita kehidupan jiwa." ( Al- Ghazali )
Kodokop. Powered by Blogger.

Pengertian Bahasa Pemrograman Tidak Terstruktur

Bahasa pemrograman tidak terstruktur adalah jenis pemrograman paling awal yang mampu menciptakan algoritma Turing-complete. Pada akhirnya pemrograman tidak terstruktur bermetamorfosis dan berkembang menjadi pemrograman terstruktur, yang lebih mudah digunakan. Pemrograman terstruktur akhirnya berevolusi menjadi pemrograman prosedural dan kemudian pemrograman berorientasi obyek. masing masing dari bahasa pemrograman tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Pemrograman tidak terstruktur memperkenalkan konsep flow control dasar seperti loop, branches dan jumps. Meski tidak ada konsep prosedur dalam paradigma non-terstruktur , Subrutin diperbolehkan. Tidak seperti prosedur, subrutin mungkin memiliki beberapa titik masuk dan keluar, dan lompatan langsung ke dalam atau keluar dari subrutin adalah (secara teoritis) diperbolehkan. Fleksibilitas ini memungkinkan realisasi coroutines.

Sebuah program dalam bahasa non-terstruktur biasanya terdiri dari perintah, perintah, atau pernyataan berurutan, biasanya satu dari setiap baris. baris biasanya diberi nomor atau mungkin memiliki label: ini memungkinkan aliran eksekusi untuk melompat ke garis manapun dalam program.

Perbedaan utama antara bahasa pemrograman terstruktur dan tidak terstruktur adalah bahasa pemrograman terstruktur memungkinkan programmer untuk membuat kode program dengan menyelami seluruh program menjadi unit atau modul yang lebih kecil. Hal ini membuat sintax lebih mudah, karena programmer dapat mengerjakan satu segmen sintax sekaligus. Ini juga memungkinkan programmer untuk memeriksa modul secara terpisah, sebelum menggabungkannya dengan program. Oleh karena itu, menjadi lebih mudah untuk memodifikasi dan debug, karena pemrogram dapat memeriksa dan memodifikasi satu modul, sambil meninggalkan sisa program sebagaimana adanya.

Berikut adalah contoh program yang ditulis dalam bahasa pemrograman BASIC :


Labels: artikel, komputer, pemograman

Thanks for reading Pengertian Bahasa Pemrograman Tidak Terstruktur. Please share...!

0 Comment for "Pengertian Bahasa Pemrograman Tidak Terstruktur"

Jangan lupa komentarnya

Back To Top