Open Graphics Library atau yang lebih dikenal sebagai OpenGL adalah pesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.
Pada Dasarnya, OpenGL adalah antarmuka perangkat lunak yang memungkinkan programmer berkomunikasi dengan perangkat keras grafis.
Sejarah
OpenGL: The First Decade
Silicon Graphics (umumnya disebut sebagai SGI) adalah sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 1981 yang mengkhususkan diri dalam grafis komputer 3D dan mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras khusus untuk tujuan ini. Satu pustaka perangkat lunak yang dikembangkan SGI adalah IRIS GL (Integrated Raster Imaging System Graphical Library) yang digunakan untuk menghasilkan grafik 2D dan 3D pada workstation berkinerja tinggi SGI. Perpustakaan ini akan berkembang menjadi salah satu perkembangan grafis komputer paling penting dari tahun 1990-an.
Pada awal 1990-an, SGI adalah pemimpin pasar dalam workstation grafis 3D karena perangkat keras berkinerja tinggi dan perangkat lunaknya mudah digunakan. IRIS GL adalah perpustakaan grafis 3D standar industri de facto, membayangi semua perkembangan lain dan upaya untuk menstandarisasi antarmuka grafis 3D. Tetapi meskipun popularitasnya, IRIS GL memiliki satu masalah utama: itu adalah sistem kepemilikan yang menyatu dengan platform SGI sendiri, dan pesaing mendekati keuntungan SGI dengan API mereka sendiri (Application Programming Interface).
Dalam gerakan yang berani, SGI membersihkan IRIS GL, menghapus semua fungsi yang tidak berhubungan dengan grafik komputer dan merilisnya ke publik pada tahun 1992 sebagai OpenGL (Open Graphics Library), API standar lintas-platform untuk grafik komputer real-time.
Vendor perangkat lunak harus memberikan implementasi mereka sendiri dari standar OpenGL pada platform mereka, dan program vendor perangkat keras yang memungkinkan OpenGL untuk berbicara dengan perangkat keras grafis yang disebut "driver perangkat." SGI telah memberikan ini kepada pelanggan mereka bersama dengan beberapa API tingkat tinggi sementara vendor lainnya berhasil dengan API baru dan mudah digunakan ini.
Baca : ciri-ciri dan cara memperbaiki hardisk yang terkena bad sector
Fleksibilitas
Karena SGI tidak menyediakan kode sumber yang sebenarnya, tetapi hanya spesifikasi bagaimana API seharusnya bekerja. Suatu abstraksi menghadirkan dirinya sendiri yang memungkinkan vendor perangkat keras dan perangkat lunak kebebasan besar tentang bagaimana mereka memilih untuk menerapkan OpenGL; tingkat abstraksi ini masih ada sampai sekarang. Karena itu, OpenGL didukung di banyak platform dan perangkat; sebenarnya, Anda akan kesulitan untuk menemukan platform modern tanpa setidaknya beberapa level dukungan OpenGL.
Tapi mungkin keuntungan terbesar yang disediakan OpenGL bagi pelaksana adalah dukungannya untuk ekstensi. Jika spesifikasi OpenGL tidak memberikan dukungan untuk fungsionalitas tertentu, vendor perangkat keras atau perangkat lunak dapat memutuskan untuk menambahkan fungsi ini sendiri melalui penggunaan ekstensi. Banyak vendor memilih untuk melakukan ini dan ekstensi mereka dapat dibedakan dengan awalannya, mis. NV_ untuk NVIDIA, AGL_ untuk Apple, dan seterusnya. Ekstensi dapat memberikan fungsionalitas yang kuat, tetapi biasanya khusus untuk implementasi OpenGL vendor.
Anda kemudian dapat memanggil fungsionalitas yang disediakan oleh ekstensi ini dengan memuatnya di program Anda melalui mekanisme pemuatan ekstensi yang mengambil penunjuk fungsi. Mekanisme pemuatan ini tidak terstandardisasi, jadi sayangnya setiap platform memiliki fungsi pemuatan ekstensi spesifiknya sendiri. Keterbatasan ini paling terlihat pada platform Microsoft Windows di mana file header OpenGL belum diperbarui sejak OpenGL versi 1.1, bahkan di perangkat pengembangan Windows terbaru. Akan ada lebih banyak rincian tentang mengapa demikian, nanti dalam bab ini.
An Open Standard
Nama "OpenGL" tidak hanya dipilih karena terdengar seperti kata kunci yang bagus, tetapi juga mengandung arti yang sebenarnya. Karena OpenGL adalah spesifikasi yang terus berkembang, seseorang harus memutuskan apa yang ada di dalamnya. Jadi pada tahun 1992, ARB (OpenGL Architecture Review Board) didirikan, yang terdiri dari beberapa vendor perangkat keras dan perangkat lunak profil tinggi yang secara kolektif memutuskan masa depan standar OpenGL melalui sistem pemungutan suara. Selain menentukan fitur baru apa yang masuk ke spesifikasi OpenGL, itu juga memutuskan ekstensi mana yang akan dipromosikan untuk menjadi fitur inti dari rilis OpenGL berikutnya.
Meskipun siapa pun bebas untuk mengembangkan implementasi OpenGL, agar dapat diakui sebagai implementasi OpenGL yang benar, ARB harus menyetujuinya melalui pengujian kesesuaian. Tes ini memverifikasi setiap klaim yang dibuat oleh pelaksana kompatibilitas dengan versi OpenGL tertentu melalui prosedur pengujian yang ketat.
0 Comment for "Sejarah OpenGL"
Jangan lupa komentarnya